Senin, 22 Juli 2013

Hal Apa yang Membuat SM Entertainment Sangat Luar Biasa???

Siapa yang gak kenal sama salah satu agensi artis terbesar di Korea Selatan yang satu ini??? Yup, kalian pasti tau semua tentang agensi ini, begitu juga artis-artis yang bernaung di dalamnya. Mau tau rahasia apa yang membuat SM Ent. menjadi begitu luar biasa?? Let's check their secret.




Sejak kemunculan K-Pop wave pertama kali pada tahuan 1990-an, SM Ent. selalu menjadi yang teratas di industri musik Korea. Mendekati dua dekade lamanya, apa yang membuat mereka sangat sukses?

SM Ent. merupakan rumah bagi beberapa selebriti K-Pop, dimana hal bermula pada generasi idol pertama, yaitu H.O.T, S.E.S, dan kemudian Shinhwa. Dan sekarang, agensi tersebut menaungi grup-grup besar seperti TVXQ, Super Junior, Girls' Generation, SHINee, f(X), dan EXO serta BoA.

Hal yang membedakan perusahaan ini dengan perusahaan lainnya di industri musik adalah bahwa artis-artis mereka tampil dengan gaya SMP genre - suatu gaya bermusik yang unik yang ditampilkan oleh SM Ent. Sebuah gaya yang diciptakan oleh perusahaan tersebut pada pertengahan 90-an, dimana H.O.T, SMP mengkombinasikan rock dan R&B dengan nada hip hop sehingga menjadikan penampilan dance yang sangat kuat. Genre yang diusung oleh SM Ent. bukan hanya untuk didengar, namun juga untu dirasakan. Dengan koreografi yang tepat, penampilan yang sempurna, dan visual luarbiasa, para artis SM Ent. mampu untuk memukau penonton.

Ditambah lagi, tema lagu dari beberapa boy group SM Ent. mengusung tema yang berkaitan dengan isu-isu yang ada pada masyarakat. Saat mereka tidak membuat lirik dengan tema komentar sosial, lagu-lagu para artis SM Ent. akan terngiang di kepala orang-orang dengan nada yang catchy dan kadang-kadang dengan lirik yang konyol (seperti Super Junior's "Sorry Sorry", SHINee's "Ring Ding Dong", atau EXO's "Wolf").

MV mereka sendiri cukup untuk membuat kepala orang bergoyang dengan tarian-tarian yang rutin, dan terlebih lagi lonceng gemerlapan dan teriakan para fans lebih dari apa yang dapat kalian bayangkan.

Selain musik dan penampilan mereka, yang benar-benar membedakan para artis SM Ent. dengan agensi lainnya adalah budaya fans mereka. Sejak grup idola pertama dari agensi ini muncul, para fans dapat dikatakan mempunyai peran dibalik kesuksesan para penyanyi tersebut.

Artikel High Cut baru-baru ini mengatakan bahwa kekuatan utama dari SM Ent. adalah bahwa "milik fans, untuk fans, karena fans," dan menilai dari penjualan album, merchandise, dan tiket, penilaian ini dapat dikatakan benar.

Berbagai fandom grup idola kadang-kadang menghabiskan uang mereka untuk perusahaan tersebut, dan banyak yang mengatakan bahwa itu dapat disebut sebagai "budak SM" *no bash ya*. Namun hal ini juga tidak dapat dikatakan hal yang buruk. Karena besarnya kekuatan fans yang dimiliki oleh para penyanyi tersebut, SM Ent. berusaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para fans, memproduksi musik, pertunjukan, dan memenuhi semua yang diinginkan oleh fans.

Namun terkadang fandom sering bertengkar untuk beberapa waktu, beberapa bahkan melawan pendukung grup lain atau bahkan ketika idola favorit mereka dikritik oleh media.

Tindakan yang paling populer adalah ketika TVXQ, mempertahankan fans mereka bahkan setelah proses hukum yang akhirnya membuat grup ini yang awalnya beranggotakan 5 orang menjadi 2 orang. EXO mungkin memang pendatang baru, namun karena pengaruh SMP yang dinamis saat debut, terbentuklah fandom yang besar dalam waktu yang relatif singkat, mendorong mereka mengalahkan grup veteran di chart musik ataupun penjualan album. Bahkan Shinhwa, yang meninggalkan agensi pada 2003, tetap menjadi menjadi grup sukses karena fans mereka yang luar biasa, yang mana Shinhwa debut pada tahun 1998 di bawah label SM Ent.

Fans yang setia dan fokus bermusik pada setiappenampilan, adalah hal yang membuat SM Ent. berbeda dari label rekaman Korea lainnya terus menjadikan mereka perusahaan yang kuat dengan artis yang populer serta berpenghasilan tinggi di industri musik.





source: kpopstarz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar